Ayo Temukan Obati Sampai Sembuh (TOSS) TBC

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan petugas kesehatan dan kader dalam penanggulangan TBC, menyampaikan petunjuk pelaksanaan penanggulangan TBC bagi kader kesehatan di masyarakat dan menyampaikan petunjuk teknis pelaksanaan investigasi kontak dan Pengawas Menelan Obat (PMO), kegiatan ini melibatkan kader PKK desa yang berasal dari Pokja 4 dengan harapan agar kader PKK dapat menjadi pelopor dan corong informasi tentang TBC bagi masyarakat dan kader kesehatan lainnya serta membantu dalam penemuan dan pengawasan minum obat pasien TBC.

Kegiatan dibuka oleh plt.Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur (Tinus Ndjurumbaha,SKM., M.AP) dalam arahan tersebut beliau menyampaikan bahwa untuk mencapai eliminasi Tuberkulosis (TBC) diperlukan komitmen dari kita semua dalam melaksanakan tugas masing-masing. untuk kabupaten sumba timur pasien dibekali dengan Nutrisi (susu), pengganti transport ambil obat, semua disuport sehingga kembali pada komitmen dan kemauan kita sebagai pengelola TBC untuk bekerja kolaborasi dengan baik, harapannya penemuan dan angka keseberhasilan pengobatan pasien TBC di kab Sumba Timur dapat meningkat.

Adapun materi – materi yang disampaikan adalah  :

  1. Kebijakan Nasional Program Tuberkulosis dan Capaian indikator TBC Kota/kabupaten
  2. Informasi penyakit TBC dan Penanggulangannya
  3. Petunjuk teknis pelaksanaan investigasi kontak bagi petugas dan kader dan hasil capaian indikator program TBC kabupaten Sumba Timur
  4. Peran dan Tugas kader TBC
  5. Pengawas Menelan Obat (PMO)
  6. Selama penyampaian materi diselingi dengan kuis/pertanyaan dan penyerahan hadiah bagi peserta yang berhasil menjawab pertanyaan.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian Rencana Tindak Lanjut (RTL) dari 24 puskesmas dengan isi RTL secara garis besar memuat tentang :

  1. Meningkatkan penemuan kasus TBC dengan memanfaatkan sumber dana yang tersedia di puskesmas masing-masing.
  2. Memanfaatkan kader PKK yang telah dilatih TBC untuk kegiatan penjaringan kasus, dan penyuluhan di puskesmas masing-masing.

Kegiatan ditutup oleh plt.kepala bidang P2P dinas kesehatan kabupaten Sumba Timur (Rambu Hamueti Nd, S.KM., M.Kes). dengan menyampaikan penegasan tentang RTL yang telah di buat oleh 24 puskesmas untuk dapat ditindaklanjuti dengan sumber dana yang tersedia dan akan di pantau oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur melalaui evaluasi hasil capaian indikator progrm TBC.

#TOSSTB

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *