Pentingnya Superfisi Fasilitatif Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Ibu Dan Bayi

Superfisi fasilitatif merupakan suatu kegiatan yang dilakukan di fasilitas kesehatan dasar (Puskesmas) meliputi penilaian kegiatan:  Manajemen Puskesmas, kesehatan ibu dan bayi, gawat darurat kebidanan dan gawat darurat neonatal. Kegiatan ini dilaksanakan di kabupaten kupang, TTS, dan Belu pada tanggal 20 Juli sampai 23 juli dan tanggal 1 sampai 3 Agustusn 2022 yang dilakukan oleh tim Superfisi fasilitatif Provinsi NTT.

Dalam kegiatan ini Tim SUFAS Provinsi melakukan penilaian terhadap kelengkapan fasilitas pelayanan kesehatan  ibu dan bayi, keterampilan dan pemahaman tenaga kesehatan dalam melakukan tindakan kegawat daruratan pada kasus kesehatan ibu dan bayi serta pelayanan kebidanan serta pelayanan manajemen terpadu bayi muda.setelah dilakukan penilaian maka dilakukan simulasi untuk melihat sejauh mana kemampuan dan pemahamam tenaga kesehatan dalam memberikan palayanan kesehatan pada ibu dan bayi dan sebagai penutup dilakukan rencana tindak lanjut dalam upaya menjawab kekurangan yang ada pada puskesmas setelah dilakukan penilaian untuk memperbaiki atau melengkapi hal hal yang belum dilakukan.

Kegiatan ini akan berlangsung sebanyak 3 kali dengan pembimbingan oleh tim SUFAS Provinsi dan juga Tim SUFAS Kabupaten dan pada akhirnya akan dilakukan evaluasi dengan melibatkan semua stakeholder. Diharapkan setelah selesai pendampingan ini Puskesmas sebagai pusat layanan terdepan sudah dapat melakukan pelayanan kesehatan ibu dan bayi secara optimal dan berkualitas.

Kegiatan ditutup dengan rencana tindak lanjut dari Puskesmas dalam membenahi kekurangan yang ditemukan dalam kegiatan ini.(penulis : namahena).


#supervisi
#fasilitatif
#aki#akb
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *