Gapai Generasi Unggul melalui Intervensi Kesehatan pada Anak Usia Sekolah dan Remaja

Anak usia sekolah merupakan sasaran strategis untuk pelaksanaan program kesehatan. Jumlahnya yang besar, diperkirakan 24% dari jumlah penduduk, merupakan sasaran yang mudah dijangkau karena terorganisir dengan baik yaitu berada di sekolah/madrasah.

Upaya intervensi yang dilakukan dalam menciptakan generasi sehat, unggul dan berkualitas adalah dengan penjaringan kesehatan bagi anak usia sekolah dan remaja. Penjaringan kesehatan merupakan prosedur pemeriksaan kesehatan untuk mendeteksi secara dini masalah kesehatan yang dapat mengganggu proses belajar dan tumbuh kembang anak sehingga dapat ditindaklanjuti dengan segera.

Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi, sehingga perlu dilakukan upaya kesehatan anak secara terpadu, menyeluruh dan berkesinambungan.  Upaya pelayanan kesehatan bagi anak usia sekolah dan remaja ditujukan untuk peningkatan kesehatan anak, yang pelayanannya dilakukan mulai dari fasilitas pelayanan kesehatan tingkat dasar di Puskesmas maupun di fasilitas kesehatan tingkat lanjutan di rumah sakit. Amanah dalam pemenuhan atas hak kesehatan yang sama untuk semua anak Indonesia, dilakukan melalui kegiatan penjaringan kesehatan dan pemeriksaan berkala dilaksanakan di sekolah, madrasah, panti/LKSA da lapas/LPKA.  Untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan bagi anak usia sekolah dan Remaja termasuk anak terlantar/anak jalanan, maka penjaringan kesehatan dan pemeriksaan berkala dapat dilakukan lewat UKS/M dan mendorong mereka datang ke Puskesmas atau ikut serta dalam kegiatan Posyandu Remaja. Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat melaksanakan kegiatan Pembinaan Pemeriksaan Kesehatan Anak Usia Sekolah dan Remaja bagi Pengelola UKS Puskesmas se- Kabupaten Manggarai Barat.  Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Dinas Kesehatan  Kabupaten Manggarai Barat pada tanggal 04 Oktober 2022 dengan jumlah peserta sebanyak 22 orang  pengelola UKS Puskesmas. Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan pembinaan kepada pengelola UKS Puskesmas terhadap pelayanan Kesehatan bagi anak usia sekolah dan remaja di wilayah kerjanya, agar mutu pelayanan lebih berkualitas dan  mendekatkan akses pelayanan kesehatan bagi anak usia sekolah dan remaja.

Kegiatan pembinaan dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat yaitu Paulus Mami, SKM. Bertindak sebagai Nara sumber adalah pengelola program UKS dan PKPR pada Seksi Kesga, Gizi dan KB, Dinas Kesehatan, Kependudukan dan Pencatatan Sipil yaitu Ni Made Oka Arpini Kasuma, SP., M.Kes. Metode Pembinaan adalah ceramah, tanya jawab dan praktek pengisian kuesioner. Peserta sangat antusis mendengarkan setiap materi yang diberikan dan terjadi komunikasi dua arah antara nara sumber dan peserta, hal ini  terlihat dari pertanyaan pertanyaan yang diajukan dan sharing pengalaman oleh peserta.

Materi yang disampaikan antara lain :

  1. Kebijakan Kesehatan Anak Usia Sekolah dan Remaja
  2. Transformasi dan Akselerasi UKS di Tingkat Provinsi NTT
  3. Penjaringan Kesehatan dan Pemeriksaan Berkala bagi Anak Sekolah
  4. Pencatatan dan Pelaporan Penjaringan dan Pemeriksaan Kesehatan secara berkala
  5. Perhitungan Indikator Pelayanan Kesehatan Anak Usia Sekolah dan Remaja
  6. Implementasi Model Sekolah/Madrasah Sehat
  7. Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR)
  8. Standar Nasional PKPR
  9. Rencana Tindak Lanjut

Beberapa kesepakatan yang perlu ditindak lanjuti oleh peserta setelah kembali ke tempat kerja yaitu:

  1. Mensosialisasikan materi yang di peroleh saat pembinaan/orientasi
  2. Peserta melaksanakan pelayanan kesehatan bagi anak usia sekolah dan  remaja sesuai standar dan pedoman dari Kemeterian Kesehatan RI
  3. Puskesmas membina Sekolah Sehat di Wilayah Kerja  masing-masing
  4. Puskesmas membentuk Posyandu Remaja di Wilayah kerjanya

Pemeriksaan kesehatan bagi anak usia sekolah dan remaja  dilakukan untuk mendeteksi secara dini masalah kesehatan yang dapat mengganggu proses belajar dan tumbuh kembang anak sehingga dan dapat ditindaklanjuti dengan segera.

Dengan dilakukannya Pelayanan Kesehatan bagi anak usia sekolah dan remaja, mengantarkan kita menciptakan generasi yang sehat, cerdas, berkualitas, mampu bersaing secara unggul, yang akan mengantar kita  mewujudkan NTT sehat dan NTT sejahtera. (Ni Made Oka Arpini Kasuma, SP., M.Kes.)