Tingkatkan Penemuan Tuberkulosis , Tingkatkan Kualitas Laboratorium dengan Mikroskopis yang Bermutu.

Tujuan kegiatan ini adalah melakukan assessment laboratorium intermediate di Kabupaten Sikka, Melakukan On The Job Training Pemeriksaan Laboratorium secara mikroskopis. Mensosialisasikan penggunaan software e-TB12 dalam pelaporan hasil uji silang mikroskopis TBC. Melakukan sosialisasi kembali alur uji silang mikroskopis TBC. Memastikan pemantapan mutu eksternal uji silang mikroskopis TBC di provinsi, kota/kabupaten, serta layanan berjalan sesuai dengan tujuan Program Penanggulangan TBC Nasional. Memperbaharui data jejaring laboratorium TBC di level provinsi. Dan mendapatkan data pelaksanaan hasil uji silang mikroskopis TBC sesuai periode yang dibutuhkan.

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka :  dr.Laetitia Dua weni, dalam pembukaan tersebut beliau menyampaikan bahwa perlunya penilaian kualitas laboratorium mikroskoopis TBC untuk menilai apakah kualitas pemeriksaan suatu fasyankes itu sudah baik dan apakah masih perlu ada perbaikan. Karena hasil pemeriksaan seorang mikroskopis menentukan langkah pengobatan selanjutnya.

Kegiatan  dilaksanakan selama 5 (lima) hari efektif, dimana hari I – III  adalah melalukan asessment kesiapan laboratorium intermediate dalam melakukan uji silang slide TBC. Dan hari III –  V juga dilanjutkan dengan kegiatan Pertemuan Peningkatan Kapasitas Laboratorium Pemeriksaan BTA Mikroskopis Tuberkulosis.

Adapun materi – materi yang disampaikan adalah  :

  1. Kebijakan Program TBC dan Kebijakan Laboratorium TBC.
  2. Sosialisasi alur uji silang ter up date dan E TB 12
  3. Keamanan Kerja dan Perawatan Mikroskopis
  4. Pengumpulan dan Pemeriksaan Dahak
  5. Pemeriksaan Mikroskopis TBC
  6. Praktek Penggunaan Aplikasi E TB 12
  7. Diskusi dan Presentase masing masing Kabupaten dan rencana tindak lanjut.

Berdasarkan hasil penilaian  uji panel dan kemampuan  Sumber daya manusia  serta sarana yang ada maka dapat disimpulkan bahwa Calon Labkesda Kabupaten Sikka  layak sebagai Laboratorium Rujukan Intermediate se daratan Flores. Laboratorium Rujukan Intermediate Kabupaten Sikka perlu dilengkapi dengan SK dari Kepala Dinas Kesehatan  Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi NTT

Waktu peningkatan kapasitas terlalu singkat sehingga tidak cukup  untuk melakukan pembacaan sediaan dalam  jumlah yang seharusnya  50 sediaan, waktu yang ada hanya dapat membaca 10 sediaan .

Kegiatan ditutup dengan penyampaian Rencana Tindak Lanjut dari masing – masing Kabupaten.


#TOSSTB

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *